Rumus Sudut Berelasi Kuadran I,II,III,IV | Perbandingan Trigonometri

Daftar isi

Hi Lupiners! Kali ini kita akan belajar tentang perbandingan trigonometri – sudut sudut berelasi. Materi ini untuk kelas 10 baik dengan Kurikulum 2013 maupun Sekolah Penggerak. So, apa yang akan kita pelajari? yaitu tentang bagaimana menentukan nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut berelasi. Then, simak penjelasannya yuk!

Baca juga materi Trigonometri : Rumus, Soal Latihan Perbadingan dan Identitas Trigonometri Kelas 10

Pembagian Sudut

Pembagian Sudut pada Koordinat Cartesius

Pembagian Sudut Pada Koordinat Cartesius

Pada koordinat Cartesius, sudut dibagi menjadi 4 daerah. Keempat daerah itu adalah Kuadran I, Kuadran II, Kuadran III dan Kuadran IV. To clarify interval sudut pada pembagian tersebut, kalian bisa melihat gambar di atas ya.

Perbandingan Trigonometri Setiap Kuadran

Perbandingan Trigonometri Setiap Kuadran
Then, gambar di asta menunjukkkan nilai sin, cos dan tan pada setiap kuadran. Firstly, Kuadran I semua perbandingan trigonometri bernilai positif. Secondly, Kuadran II hanya sin yang bernilai positif. Thirdly, Kuadran III hanya tan yang bernilai positif. Last, Kuadran IV hanya cos yang bernilai positif.

Rumus-Rumus Sudut Berelasi

Kuadran I

Rumus

Rumus Sudut Berelasi Kuadran I

Pada Kuadran I, perbandingan trigonometri dapat dihitung dengan kedua tabel rumus diatas. Yaitu dengan 90-a dan 360+a. Ingat, nilai perbandingan trigonometri di Kuadran I semuanya positif. So, untuk lebih memahami rumus di atas, kita bisa melihat latihan soal dan pembahasan berikut.

Latihan Soal dan Pembahasan

LSP Sudut Berelasi Kuadran I

Kita akan menentukan nilai sin 405, cos 390 dan tan 450. Ketiga sudut tersebut merupakan sudut di Kuadran I. So that, kita gunakan rumus di atas untuk menghitungnya. Thus, kalian harus menghafalkan nilai trigonometri pada sudut-sudut istimewa ya untuk mempermudah pengerjaannya.

Kuadran II

Rumus

Rumus Sudut Berelasi Kuadran II

Secondly, perbandingan trigonometri pada Kuadran II dapat dihitung dengan kedua tabel rumus diatas. Yaitu dengan 90+a dan 180-a. Ingat, nilai perbandingan trigonometri di Kuadran II hanya sin yang bernilai positif. So, untuk lebih memahami rumus di atas, kita bisa melihat latihan soal dan pembahasan berikut.

Latihan Soal dan Pembahasan

LSP Sudut Berelasi Kuadran II

Kita akan menentukan nilai dari penjumlahan tersebut. In fact, sudut 150 dan 120 ada pada Kuadran II. So that, kita gunakan rumus di atas untuk menghitungnya. Sebagai saran, gunakan rumus 180-a karena hanya mengubah tanda sin, cos dan tannya. So, kalian bisa lebih mudah mengerjakannya.

Kuadran III

Rumus

Rumus Sudut Berelasi Kuadran III

Thirdly, perbandingan trigonometri pada Kuadran III dapat dihitung dengan kedua tabel rumus diatas. Yaitu dengan 270-a dan 180+a. Ingat, nilai perbandingan trigonometri di Kuadran III hanya tan yang bernilai positif. So, untuk lebih memahami rumus di atas, kita bisa melihat latihan soal dan pembahasan berikut.

Latihan Soal dan Pembahasan

LSP Sudut Berelasi Kuadran III

Kita akan menentukan nilai dari operasi perkalian dan pembagian di atas. Ketiga sudut tersebut merupakan sudut di Kuadran III. So that, kita gunakan rumus di atas untuk menghitungnya. Thus, kalian harus menghafalkan nilai trigonometri pada sudut-sudut istimewa ya untuk mempermudah pengerjaannya.

Kuadran IV

Rumus

Rumus Sudut Berelasi Kuadran IV

Fourthly, perbandingan trigonometri pada Kuadran IV dapat dihitung dengan kedua tabel rumus diatas. Yaitu dengan 270+a dan 360-a. Ingat, nilai perbandingan trigonometri di Kuadran IV hanya cos yang bernilai positif. So, untuk lebih memahami rumus di atas, kita bisa melihat latihan soal dan pembahasan berikut.

Latihan Soal dan Pembahasan

Latihan Soal dan Pembahasan

LSP Sudut Berelasi Kuadran IV

Kita akan menentukan nilai dari perkalian dan pembagian tersebut. In fact, sudut 330 dan 315 ada pada Kuadran IV. While, sudut 210 ada pada kuadran III. So that, kita gunakan gabungan rumus Kuadran III dan IV untuk menghitungnya. Sebagai saran, gunakan rumus 180+a dan 360-a karena hanya mengubah tanda sin, cos dan tannya. So, kalian bisa lebih mudah mengerjakannya.

Sudut Lebih dari 360 dan Sudut Negatif

Rumus

Rumus Sudut Lebih dari 360 dan Sudut Negatif

Last, perbandingan trigonometri pada untuk sudut lebih dari 360 dan negatif dapat dihitung dengan kedua tabel rumus diatas. Yaitu dengan a+k.360 dan –a. So, untuk lebih memahami rumus di atas, kita bisa melihat latihan soal dan pembahasan berikut.

 LSP Rumus Sudut Lebih dari 360 dan Sudut Negatif

Kita akan menentukan nilai dari tan 4005 dan penjumlahan yang memuat sudut negatif. In fact, sudut 4005 adalah lebih dari 360, while sudut 300 ada pada Kuadran III, sudut 45 ada pada Kuadran I, sudut -300 adalah sudut negatif. So that, kita gunakan gabungan rumus yang berbeda-beda sesuai dengan pembahasan sebelumnya seperti pada pembahasan gambar di atas.

Video Pembahasan

In addition, kalian bisa melihat video pembahasan berikut agar semakin jelas dan paham ya. Happy watching, Lupiners!

Finally, diatas adalah pembahasan materinya secara singkat tentang bagaimana mencari perbandingan trigonometri sudut-sudut berlasi kelas 10 dan menggunakan rumus-rumusnya, So, kamu bisa belajar mandiri matematika SMA dan bisa melihat video pembelajaran gratis kita di Channel Youtube Lupincourse, Jangan lupa subscribe ya.

Ingin mempertajam materi dan kompetensdalam matapelajaran matematika? Yuk, gabung dengan kelas online GRATIS dari Lupin Course disini.

Tinggalkan komentar