Materi Peluang : Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian

Daftar isi

Hi Lupiners! Materi yang akan kita pelajari kali ini adalah bagaimana menentukan ruang sampel dan kejadian pada suatu percobaan pada peluang. BAB Peluang terdapat pada kelas 12 SMA kurikulum 2013. Pertama, kita akan mengetahui deskripsi singkat tentang apa itu peluang, percobaan, ruang sampel dan kejadian. Kedua, kita akan berlatih soal tentu saja dengan pembahasannya. Jadi, yuk simak bersama-sama!

A. Apa itu Peluang

1. Definisi Peluang

Deskripsi Singkat Peluang

Apa itu peluang? sering kita dengar ya, Lupiners. Pastinya, yang kelas 12 nih, yang mungkin sudah cari-cari peluang kalian diterima di kampus impian, amin :). Jadi, peluang itu adalah bidang pada matematika yang mempelajari tentang kemungkinan munculnya sesuatu dengan cara perhitungan maupun percobaan. Ingat, percobaan! Sehingga, misal kalian ingin mengetahui peluang keterima di kampus impian, kalian harus mencoba mendaftar :D.

2. Contoh Penggunaan Peluang

Contoh Penggunaan Peluang

Peluang ternyata juga sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya, membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, memperkirakan hal yang akan terjadi dan meminimalisir kerugian. Dengan mengetahui peluang, maka keputusan yang akan diambil akan tepat dan sesuai perhitungan sehingga meminimalisir tingkat kesalahan atau kerugian yang ada. Nilai peluang yaitu pada interval 0 sampai dengan 1. Nilai peluang 0 berarti tidak akan mungkin terjadi, sementara nilai peluang 1 berarti akan terjadi.

Gabung kelas Online Matematika GRATIS dari Lupin Course disini

B. Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian

1. Percobaan

Definisi Percobaan

Selanjutnya, kita akan mempelajari tentang percobaan, ruang sampel dan kejadian. Berdasarkan gambar di atas, percobaanmerupakan suatu proses dengan hasil dari suatu kejadian bergantung pada kesempatan. Lebih lanjut, ketika percobaan diulangi, hasil-hasil yang diperoleh tidak selalu sama meskipun dilakukan dengan kondisi yang tepat sama dan juga dengan hati-hati. Dengan kata lain, percobaan ini kita sebut sebagai percobaan acak.

Sebagai contoh, percobaan melambungkan sebuah dadu, percobaan dalam permainan kartu, percobaan dalam pengambilan kelereng, dsb. Contoh tersebut merupakan contoh percobaan dalam peluang. Setelahnya, kita akan mempelajari ruang sampel.

2. Ruang Sampel

Definisi Ruang Sampel

Ruang sampel adalah himpunan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan. Dinotasikan dengan S, sementara banyaknya elemen pada ruang sampel dinyatakan dengan n(S). Contoh ruang sampel yaitu himpunan mata dadu pada percobaan melambungkan sebuah dadu, himpunan warna kelereng pada percobaan pengambilan kelereng dsb.

3. Kejadian

Definisi Kejadian

Terakhir, kejadian atau peristiwa, adalah himpunan bagian dari S seperti pada gambar di atas. Biasanya dinotasikan dengan huruf kapital seperti A, B, C, dst. Banyaknya elemen kejadian A dinyatakan dengan n(A), sementara banyaknya elemen kejadian B dinyatakan dengan n(B) dan sebagainya.

C. Latihan Soal dan Pembahasan

1. Menentukan Ruang Sampel dan Kejadian pada Percobaan Melambungkan Sebuah Dadu

a. Ruang Sampel dan Kejadian

Latihan Soal dan Pembahasan 1 Dadu

Berlatih soal yuk! Soal yang pertama yaitu menentukan S dan n(S) serta A dan n(A) pada percobaan melambungkan sebuah dadu. Pertama, kita cari hasil-hasil yang mungkin pada percobaan tersebut. Akibatnya, Hasil-hasil yang mungkin dari percobaan melambungkan sebuah dadu adalah mata dadu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Sehingga, S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}. Sementara, banyaknya elemen pada S yaitu n(S) = 6. Kedua, mencari kejadian. Ingat, kejadian adalah himpunan bagian dari S. Jadi, A= kejadian munculnya mata dadu bermata genap = { 2, 4, 6}, as a result, n(A)=3. So easy! ^^

b. Video Pembahasan

In addition, pembahasan soal lebih jelas dan detail dapat dilihat pada video di bawah ini ya, Lupiners. Happy watching!

YouTube player

2. Menentukan Ruang Sampel dan Kejadian pada Percobaan Melambungkan Dua Buah Dadu

a. Ruang Sampel dan Kejadian

 Latihan Soal dan Pembahasan 2 Dadu

Soal yang kedua yaitu menentukan S dan n(S) serta A dan n(A) pada percobaan melambungkan dua buah dadu. Sama halnya dengan soal sebelumnya, berikut adalah langkah-langkahnya. Pertama, kita cari hasil-hasil yang mungkin pada percobaan tersebut. Namun, karena terdapat dua buah dadu yang akan dilambungkan, maka hasil-hasil yang mungkin terjadi akan lebih banyak. Sehingga, kita buat tabel hasil percobaan seperti pada gambar di atas. Hasil-hasil yang mungkin dari percobaan melambungkan sebuah dadu adalah mata dadu (1,1), (1,2), (1,3) dan seterusnya sampai dengan (6,6). Akibatnya, S = {(1,1),(1,2),…,(6,6)}. Lebih lanjut, jika kita hitung, banyaknya elemen pada S yaitu n(S) = 36. Kedua, kita cari kejadian. Ingat, kejadian adalah himpunan bagian dari S. Jadi, A= kejadian munculnya mata dadu berjumlah 5 = { (1,4),(2,3),(3,2),(4,1)}, sehingga n(A)=4. So easy! ^^

b. Video Pembahasan

In addition, jika kalian ingin pembahasan yang lebih jelas dan detail, kalian dapat melihat video pembahasan berikut. Keep learning, Lupiners! ^^

YouTube player

Finally, di atas adalah pembahasan materinya secara singkat tentang Peluang- Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian, padat dan jelas untuk membantu belajar Lupiners, So, kamu bisa belajar mandiri matematika SMA dan bisa melihat video pembelajaran gratis kita di Channel Youtube Lupincourse, Jangan lupa subscribe ya.

Ingin mempertajam materi dan kompetensi dalam matapelajaran matematika? Yuk, gabung dengan kelas online GRATIS dari Lupin Course disini.

Tinggalkan komentar