Penerapan Turunan Fungsi dalam Kehidupan Sehari-hari

Daftar isi

Hi Lupiners! Kali ini kita akan belajar tentang penerapan turunan fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut, apa yang akan kita pelajari? yaitu tentang bagaimana menghitung nilai maksimum dan minimum pada masalah kontekstual atau masalah sehari-hari. Oleh karena itu, simak penjelasannya yuk!

Baca juga materi Sifat dan Rumus Turunan Fungsi Aljabar

A. Langkah-langkah Menyelesaikan Soal

Langkah-langkah Menyelesaikan Maksimum dan Minimum Masalah Kontekstual

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana menyelesaikan soal berkaitan dengan masalah kontekstual. Pertama, tetapkan besaran. Kedua tetapkan rumus fungsi. Ketiga penyelesaian optimumnya. Terakhir berikan tafsiran dari hasil yang diperoleh.

Baca juga materi Nilai Maksimum dan Minimum pada interval Tertutup

B. Latihan Soal dan Pembahasan Penerapan Turunan Fungsi

Untuk lebih jelasnya, kita akan memberikan tiga contoh masalah kontekstual yang dapat diselesaikan dengan nilai maksimum dan minimum. Yuk, simak bersama!

1. Menentukan Ukuran Persegi Panjang agar Luasnya Maksimum

Soal penerapan fungsi turunan - Menentukan ukuran persegi panjang agar luasnya maksimum

Soal pertama yaitu menentukan ukuran persegi panjang agar luasnya maksimum. Seperti yang bisa dilihat, kita tetapkan besaran dahulu, kemudian kita subtitusikan. Setelahnya, cari turunan pertama, kemudian kita hitung ukuran panjang dan lebarnya. Mudah bukan, Lupiners!

Baca juga materi Titik Balik Maksimum dan Minimum Fungsi Aljabar

2. Menentukan Dua Bilangan agar Jumlah Kuadratnya Minimum

Soal 2 - Menentukan dua bilangan agar jumlah kuadrat minimum

Soal yang kedua yaitu menentukan dua bilangan agar jumlah kuadratnya minimum. Pertama, kita tetapkan besaran dahulu, kemudian kita subtitusikan. Setelahnya, cari turunan pertama, kemudian kita hitung kedua bilangan tersebut. So easy, isn’t!

Baca juga materi Nilai dan Titik Stasioner Fungsi Aljabar

3. Menentukan Tinggi Maksimum Peluru

Soal 3 - Menentukan tinggi maksimum

Soal yang ketiga yaitu menentukan tinggi maksimum peluru. Pertama, kita hitung turunan pertamnya. Untuk mencapau ketinggian maksimum, turunan pertama fungsi harus sama dengan nol. Akibatnya, kita dapatkan waktu untuk mencapai ketinggian maksimum adalah 15 detik. Setelahnya, kita subtitusikan nilai t tersebut pada fungsi. Akhirnya kita dapatkan hasil ketinggian maksimum peluru adalah 900 meter.

Baca juga materi Fungsi Naik dan Turun pada Fungsi Aljabar

4. Video Pembahasan Penerapan Turunan Fungsi

Lebih lanjut, kalian dapat melihat video pembahasan soal di atas pada video berikut ini ya. Happy watching!

YouTube player

Finally, di atas adalah pembahasan materinya secara singkat tentang penerapan turunan fungsi dalam kehidupan sehari-hari. So, kamu bisa belajar mandiri materi matematika SMA dan bisa melihat video pembelajaran gratis kita di Channel Youtube Lupincourse, Jangan lupa subscribe ya.

Ingin mempertajam materi dan kompetensdalam matapelajaran matematika? Yuk, gabung dengan kelas online GRATIS dari Lupin Course disini.

Tinggalkan komentar